No kontak : Aceng Kurniadi 0832 7543 7637

Jumat, 22 Mei 2015

Hasil alam Jambi


Hasil alam Jambi
Hutan jambi

kekayaan alam Jambi

Tentu kita semua sepakat dengan lagu kolam susu. ada liriknya yang luar biasa kalau tidak salah begini bunyinya "tanah kita katanya tanah surga,tongkat kayu dan batu jadi tanaman" yaah begitulah gambaran tanah indonesia karena suburnya tongkat saja bisa tumbuh. jambi bisa menjadi gambaran betapa suburnya tanah kita ini.

baiklah...!!! disini saya akan menceritakan sedikit tentang suburnya tanah jambi dan melimpahnya hasil alam jambi.
Jambi salah satu provinsi di pulau sumatra tapi jambi kurang populer di indonesia di bandingkan dengan provinsi lainnya di pulau sumatra.padahal jambi tidak kalah dengan Sumatra selatan yang terkenal dengan pempeknya dan sumatra barat yang terkenal dengan nasi padangnya.
okelahhh tidak usah panjang lebar  kita langsung to the poin ke pembahasan saja. kita di sini hanya membahas jambi dan hasil alam jambi.
di jambi masyarakatnya banyak yang menanam pohon karet masyarakat jambi sering menyebutnya batang para. dan kebanyakan masyarakt pribumi jambi jika menanam para cenderung di biarkan, jadi mereka menanam skarang dan di biarkan saja ketika sudah 5 tahun berlau baru mereka lihat dan mereka mulai menyadap batang pohon karet tersebut. karena suburnya tanah,tanaman tanpa perawatan saja bisa tumbuh subur, seperti halnya
pohon jengkol dan petai . tanaman ini bnyak tumbuh liar dan subur di hutan jambi dan banyak pula di antara pepohonan karet, tanam ini tumbuh dengan sangat subur.


tanaman
jengkol dan petai di jambi umumnya tidak ada yang sengaja di tanam oleh masyarakat jambi,tanaman ini tumbuh liar dengan sendirinya.tanaman ini ada yang tumbuh di pekarangan rumah rumah penduduk dan banyak pula tumbuh di huta jambi sehingga sembarang orang bisa memanennya asalkan mau mengambilnya dari pohonnya.

jika musim panen telah tiba baik itu
jengkol maupun petai seringkali buah ini terbengkalai di pohonnya karena pun jika di jual upah mengambilnya dari pohon tidak sesuai dengan harga jual sehingga kadang kadang buah di biarkan mengering di pohon.
padahal buah ini memiliki nilai ekonomi yang lumayan.masyarakat pribumi jambi tidak tahu harus di bawa kemana hasil alam mereka yang ini. padahal musim jengkol dan petai di setiap daerah tidak lah sama jadi ada kemungkinan jika daerah jambi musim jengkol dan petai di daerah lain tidak musim dan ini sebenarnya adalah peluang bagi masyarakat jambi untuk bisa menjual hasil alamnya .

karena hal itulah saya membuat blog ini dengan tujuan menambah sumber pendapatan dari masyarakat jambi dari buah yang tadinya di anggap kurang bernilai ini.

bagi anda yang membeli buah jengkol murah,pisang jambi dan petai murah dari kami berarti anda ikut membantu ekonomi masyarakat pribumi jambi.
dan kami juga menjual pisang dari jambi, untuk informasi pembelian pisang, jengkol dan petai silahkan menghubungi Bpk Aceng Kurniadi 0823 7543 7637 / 0857 3290 3627

terimakasih sudah membaca artikel  ini dan sudah mampir di blog kami, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate